Friday, September 7, 2018

10 UNIVERSITAS TERBAIK SE-INDONESIA

                                    10 UNIVERSITAS TERBAIK SE-INDONESIA
HAFIF ZULKHAIRI

1. Universitas Gadjah Mada

Universitas Gadjah Mada (UGM) merupakan PTN yang berlokasi di Yogyakarta. Kampus yang berdiri pada 19 Desember 1949 ini memiliki 18 fakultas, 1 sekolah vokasi, dan 1 sekolah pasca sarjana dengan jumlah program studi mencapai 251 program.

2. Institut Teknologi Bandung


Kalau kamu ingin menjadi pribadi yang unggul di bidang teknologi, tentunya Institut Teknologi Bandung (ITB) adalah tempat yang tepat untuk berkuliah. Ya, PTN yang berdiri pada tanggal 2 Maret 1959 ini merupakan salah satu PTN pusat pendidikan teknologi ternama di Indonesia.
Bicara prestasi, perguruan tinggi yang berlokasi di Bandung ini memiliki segudang prestasi. QS World University Rankings pada tahun 2017 menempatkan ITB pada peringkat 51 dunia dan peringkat 8 di Asia sebagai perguruan tinggi di bidang Art and Design terbaik. Lalu, mahasiswa ITB pernah menjuarai kompetisi Kontes Robot Terbang Indonesia (KRTI) pada tahun 2014 pada kategori robot terbang sayap tetap (fix wing). Selain kedua prestasi itu, masih banyak prestasi lainnya yang bisa kamu cari tahu informasinya di web resmi ITB.

3. Institut Pertanian Bogor


 PTN peringkat ketiga terbaik menurut data Menristekdikti ini merupakan perguruan tinggi yang fokus pada ilmu pertanian. Selain menjadi tempat utama mendalami ilmu pertanian, IPB kini juga merambah bidang keilmuan lainnya, seperti bisnis dan ekonomi.
Perihal prestasi, PTN yang berdiri pada tanggal 1963 ini juga memiliki segudang prestasi, baik secara lembaga, dosennya, ataupun mahasiswanya. Pada tahun 2015, Prof. Dr. Latifah K Darusman, Dosen IPB, mengantarkan IPB sebagai lembaga Perguruan Tinggi dengan Komersialisasi Paten Terbanyak dalam Anugrah Nasional Hak Kekayaan Intelektual. Lalu, Prof. Dr. Erliza Hambali, Dosen IPB, mendapat penghargaan 20 Karya Unggulan Teknologi Anak Bangsa 2015. Keren kan?

4. Universitas Indonesia


 PTN yang berdiri pada 2 Februari 1950 ini merupakan salah satu universitas tertua di Indonesia.
Soal prestasi, tak perlu ditanya! Sejak berdiri hingga saat ini, UI sudah menggapai banyak prestasi.

5. Institut Teknologi Sepuluh November


PTN yang berdiri pada 10 November 1960 ini merupakan saingan utama dari ITB perihal pengembangan bidang ilmu teknologi.
PTN yang berlokasi di Surabaya ini memiliki segudang prestasi. Deretan prestasi itu diantaranya Juara Umum Indonesian Energy Marathon Challenge (IEMC) 2014, Best Research Award pada Ristek-Kalbe Science Awards (RKSA) 2014, Juara Umum PIMNAS XXVI 2013, dan masih banyak lagi prestasi lainnya.

6. Universitas Diponegoro

Universitas Diponegoro (Undip) berdiri pada tanggal 9 Januari 1957 dan termasuk salah satu PTN tertua di Pulau Jawa. Universitas yang berlokasi di Semarang ini juga memiliki segudang prestasi.
Pada tahun 2017, beberapa mahasiswa Undip berhasil menyabet gelar juara dalam kompetisi internasional, seperti Rozan Fahreza (Proffesional Engineering Leadership Teamwork Awareness Camp 2017), I Wayan Krisna W & Zanjabila Aulia (Winner Voice Challenge (EDMAD-38) 19 s.d. 23 Januari 2017 di University of Malaya, Kuala Lumpur), Fatimah Al Zahra (Debate Competition & Champion Innogreenation dalam PELTAC (Profesional Enginering, Leadership & Teamwork Awareness Camp ) 21 – 26 Januari 2017 di Universiti Teknologi Malaysia Johor Baru), dan masih banyak mahasiswa lainnya yang berprestasi.

7. Universitas Airlangga

Universitas Airlangga (Unair) berdiri pada 10 November 1954 di Surabaya. PTN dengan lambang Garuda Mukti tersebut berada di peringkat ketujuh PTN terbaik di Indonesia versi Kemenristekdikti.
Sebagai PTN terbaik ketujuh, Unair memiliki banyak prestasi. Beberapa prestasi tersebut seperti medali perak pada kompetisi International Mathemathics Competitions (IMC) 2017, Juara 1 Indonesian Medical Student Training and Competitions, Juara 1 National Moot Court Competition Piala Mahkamah Agung XX ALSA LC UNSRAT, dan lain sebagainya.

8. Universitas Brawijaya

Berdiri pada tanggal 5 Januari 1963 di Kota Malang, Universitas Brawijaya (UB) merupakan salah satu PTN ternama di Pulau Jawa. Pada tahun 2017, UB dinobatkan sebagai PTN terbaik di urutan kedelapan oleh Kemenristekdikti.
Tentunya, capaian peringkat itu disokong oleh sejumlah prestasi. Beberapa prestasi UB diantaranya, Juara Umum PIMNAS XXX 2017, Peringkat 1 Website dan Peringkat 2 Publisitas dalam Anugerah Humas PTN dan Kopertis Kemenristekdikti, Penghargaan Berkas SAPK Terbaik dari Kemenristekdikti, dan beberapa penghargaan lainnya.

9. Universitas Hasanuddin

Universitas Hasanuddin (Unhas) merupakan salah satu PTN ternama yang berasal dari Indonesia Timur. Berlokasi di Makassar, PTN yang lahir pada tanggal 10 September 1956 ini merupakan salah satu PTN terbaik di Indonesia Timur.
Prestasi mahasiswa Unhas kiranya tak perlu dipertanyakan lagi. Pada tahun 2016, tiga mahasiswa Unhas berhasil menjadi Juara 1 Kompetisi Debat Hukum Mahasiswa Tingkat Nasional Universitas Negeri Semarang 2016. Lalu, pada tahun yang sama, tim mahasiswa Unhas berhasil menjadi Juara 1 National Paper Competition Of Cendekia Fair 2016. Adapun, kedua prestasi itu hanya sebagian dari segudang prestasi Unhas, baik mahasiswanya maupun institusinya.

10. Universitas Negeri Yogyakarta


Bagi Quipperian yang bermimpi menjadi guru, Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) bisa jadi pilihan yang tepat. PTN yang berdiri pada 21 Mei 1964 tersebut merupakan salah satu PTN di bidang pendidikan yang cukup terkenal di Pulau Jawa.
Kualitas pendidikannya pun tak kalah dengan PTN lainnya yang telah disebutkan di atas. Menurut data Kemenristekdikti, UNY masuk ke dalam PTN terbaik pada urutan nomor sepuluh. Pada tahun 2017, UNY menyabet prestasi Best Of The Best Hybrid dan Best Team Work Award 2017 dalam ajang lnternational Student Car Competition (ISCC) di Proving Ground KATRI Songsan-Myun, Hwasong-si, Gyeonggi-Do, Korea Selatan.
Selain itu, UNY meraih medali emas dan perak pada kategori Pinang Invention di kompetisi Gold and Silver Medal Pinang lnvention.

Semoga bermanfaat.........

No comments:

Post a Comment